Diberdayakan oleh Blogger.

Daftar Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Gigi Anak

Peranan gigi bagi anak sangatlah penting karena berkaitan langsung dengan keadaan pengambilan nutrisi harian mereka. Kanak-kanak yang mempunyai gangguan pertumbuhan atau kerosakan gigi, berpotensi mengalami hambatan pertumbuhan, kerana tanpa gigi yang bersih dan sehat mereka tidak bisa mengunyah makanan dengan sempurna. Si kecil yang mengalami sakit gigi juga cenderung akan susah makan.

Kesehatan gigi anak sangat dipengaruhi oleh asupan nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang cukup, serta rawatan yang baik. Meski gigi anak kecil bukan gigi kekal, tetap harus dirawat dengan baik kerana bagus tidaknya gigi susu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan gigi kekal.

Memberikan makanan sehat untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi anak sangatlah penting. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang boleh ayah bunda berikan pada anak agar gigi mereka tumbuh sehat dan kuat.

1. Keju. Bahan dari hasil olahan susu ini terkenal akan kandungan unsur kalsiumnya yang tinggi. Kalsium diperlukan tubuh diantaranya untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Selain itu kandungan fosfat didalam keju membantu menyeimbangkan kadar keasaman mulut anak sehingga dapat menghalang risiko pertumbuhan bakteria penyebab gigi berlubang. Keju khususnya jenis chedar bisa disajikan secara langsung sebagai cemilan atau digabungkan dengan makanan lainnya.

2. Ubi jalar. Jenis makanan ini mengandung kadar vitamin A yang cukup tinggi.  Vitamin A memiliki peranan penting dalam pembentukan enamel gigi. Bunda dapat menyajikan ubi jalar dengan cara dioven, digoreng, atau digabungkan dengan jenis bahan makanan lainnya.

3. Jeruk. Termasuk buah-buahan lain yang kaya akan vitamin C seperti kiwi, papaya, manga, dan strawberi adalah buah-buahan yang direkomendasikan untuk diberikan pada anak setiap hari. Kandungan vitamin C nya yang tinggi membantu menjaga kesehatan gusi. Buah-buahan tersebut boleh diberikan secara langsung ataupun dalam bentuk jus.

4. Apel. Buah apel yang diberikan dalam bentuk potongan segar selepas makan jauh lebih baik daripada jenis kueh manis. Selain mengadungi vitamin, buah Apel dapat membantu menjaga kebersihan gigi dan kesihatan gusi. Daging buah apel yang bertekstur akan berperanan seperti sikat gigi ketika dimakan. Berikan buah apel sebagai cemilan pada saat waktu makan mereka.

5. Buah pir. Seperti halnya buah apel, pir mengandungi kadar serat yang tinggi. Didalam mulut anak makanan kaya serat akan mencetuskan pengeluaran cairan saliva atau air liur. Menurut penelitian yang dilakukan di University of the Witwatersrand, Johannesburg, Afrika Selatan, buah pir mampu menetralkan kadar asid pada permukaan gigi sehingga dapat menghalang gigi berlubang atau keropos.

Itulah beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan gigi anak. selain kesehatan giginya, anak juga memerlukan cairan yang cukup. Semoga Bermanfaat:))

<< Baca Juga : Beberapa Cara Agar Terpenuhi Kebutuhan Cairan Anak >>

 

0 Responses to “Daftar Makanan Yang Bisa Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Gigi Anak”

Posting Komentar