Diberdayakan oleh Blogger.

Minuman Sehat Yang Baik Untuk anak Kecil

Setelah lelah bermain atau disaat hari yang terik karena sinar matahari si kecil akan banyak kehilangan cairan karena berkeringat, oleh karenanya sangat penting bagi tubuh mereka untuk segera mendapatkan pengambilan cairan melalui minum. Kurangnya pengambilan cairan dapat menyebabkan mereka mengalami dehidrasi ringan. Keadaan yang lebih serius boleh dialami apabila si kecil mengalami diare atau muntah yang berpanjangan.

Keadaan kekurangan cairan tubuh pada anak kecil tidak boleh dianggap ringan, pada keadaan akut, dehidrasi pada anak boleh mencetuskan suatu yang berbahaya. Jadi pastikan si kecil mimum cukup setiap harinya agar terhindar dari gejala-gejala dehidrasi. Berikut ini ada jenis minuman terbaik bagi si kecil yang kehausan selepas aktiviti bermain mereka:

1. Air putih. Ini adalah sumber cecair terbaik untuk menggantikan cairan badan yang hilang selepas beraktifitas selain berperanan dalam mengatur suhu tubuh, air putih juga dapat mengurangkan risiko jangkitan saluran kencing serta sembelit pada kanak-kanak.

2. Air kelapa. Kelebihan air kelapa adalah kaya dengan vitamin dan mineral sehingga dapat dijadikan alternatif minuman sehat bagi si kecil. Kandungan mineral di dalamnya dapat menggantikan sejumlah mineral yang hilang dengan keringat dan air kecil buah hati. Air kelapa juga baik diberikan saat mereka mengalami diare.

3. Air lemon. Tidak sulit dalam membuat air lemon, hanya campurkan air perasan lemon dan gula secukupnya, air lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi. Ingat jangan terlalu banyak gula ya. Pengambilan gula yang berlebihan pada kanak-kanak sangat tidak dianjurkan kerana dapat mencetuskan kegemukan yang berlebihan atau obesitas.

4. Jus buah. Berbagai buah-buahan seperti apel, melon, oren, anggur, dan mangga adalah beberapa jenis buah-buahan yang dapat dijadikan jus untuk si kecil. Jus buah-buahan kaya akan vitamin dan antioksida yang sangat baik untuk daya tahan tubuh si kecil. Sama hal nya seperti airlemon diatas, pastikan untuk membatasi jumlah gula jika memang bunda ingin menambahkanya.

5. Jus sayur. Berbanding dengan jus buah-buahan, jus sayur-sayuran mungkin kurang popular kerana rasanya yang dinilai tidak seenak jus buah-buahan terutama bagi anak kecil. Tetapi di balik semua itu jus sayur-sayuran juga mengandung manfaat yang tidak kalah menyehatkan dari jus buah-buahan. Wortel, saledri, timun, dan brokoli adalah beberapa jenis sayur-sayuran yang dapat dijadikan jus. Bunda boleh menggabungkan sayur-sayuran dan buah-buahan atau menambah sedikit gula atau madu untuk memberikan rasa manis pada jus sayur-sayuran tersebut.

6. Susu. Susu sapi segar adalah alternatif lain untuk memenuhi keperluan cairan si kecil. Susu sapi kaya akan protein, lemak, vitamin, termasuk kalsium dan magnesium yang bagus untuk pertumbuhan buah hati. Bisa Menggabungkan susu dengan coklat atau buah-buahan sebagai variasi agar si kecil tidak bosan.

7. Yogurt. Sebagai produk turunan dari susu, yogurt juga bagus untuk kesihatan si kecil. Karena Selain mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, beberapa merek yogurt dipasaran dilengkapi dengan probiotik yakni bakteria baik yang dapat membantu melancarkan pencernaan si kecil.

Semoga Bermanfaat:))

0 Responses to “Minuman Sehat Yang Baik Untuk anak Kecil ”

Posting Komentar